Tanda-Tanda Bahwa SSD Komputer Mengalami Kerusakan

Tanda Ssd Komputer Mengalami Kerusakan – SSD merupakan sebuah media penyimpanan yang banyak orang diklaim mempunyai kecepatan read dan write dengan data yang 10 kali dinyata jauh lebih cepat dari pada penggunaan hardisk.

Namun, untuk harga pun tentu sesuai dengan kualitasnya. SSD mempunyai harga yang jauh lebih mahal daripada hardisk yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sama. Nah, berikut merupakan tanda jika SSD anda akan mengalami sebuah kerusakan. Silahkan diperhatikan, let’s see!

ssd komputer

1. Bad Block

Merupakan sebuah istilah yang ada dalam dunia computer, hal ini hanya ditunjukkan pada perangkat yang mempunyai hardware penyimpanan SSD.

Hal ini sama dengan istilahh bad sector yang ada pada hardisk yang sudah lama kita kenal. Bad block merupakan sebuah kondisi dimana ketika anda menyimpan file dengan format SSD malah mengalami kerusakan, lama prosesnya atau justru proses penyimpanan tersebut mengalami kegagalan.

Dan jika hal ini terjadi pada SSD anda, coba gunakan program Hard Tune Pro atau yang biasa disebut Hard Disk Sentinel untuk dapat melakukan pengecekan dan perbaikan pada masalah tersebut.

So, pastikan kalian mempunyai media simpan yang lain untuk membackup file-file anda jika pada kemudian hari kemudian ada masalah saat anda melakukan pada proses perbaikan sedang berlangsung.

2. Tidak Bisa Di Read atau Di Write

Cara selanjutnya ini masih berkaitan denganmasalah yang pertama tadi, yakni bad block. Pada saat laptop anda mengalami bad block secara otomatis laptop tidak dapat melakukan write dan read data didalam SSD.

Tanda paling awaal yang muncul adlah file dapat diread saja tanpa bisa di write, dan juga tidak dapat menambahkan file baru.

3. Notifikasi Repair

Merupakan notifikasi yang akan memberitahukan pada kita dimana system recoveri untuk repair. Hal ini jangan anda abaikan, mungkin dapat dipastikan bahwa ini merupakan tanda bahwa SSD anda akan rusak.

Hal ini akan terjadi biasanya ketika anda tidak mematikan laptop anda dengan baik dan benar. Untuk mengatasinya gunakan saja DVD/CD yang ada pada system computer dan segera lakukan perbaikan dengan recovery.

Baca Juga : Tips Shutdown Komputer Lain Dengan Menggunakan Bantuan Cmd Pada Lan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017