Sejarah Dan Asal Mula Perkembangan Komputer  

Asal Mula dan Sejarah Komputer – Perkembangan dunia teknologi kini kian semakin meningkat dengan pesat, termasuk salah satunya komputer.

Sampai saat ini, teknologi yang digunakan dalam komputer semakin canggih dan meningkat saja, terutama dalam kecepatan respon dan berbagai fitur yang dibawanya. Sampai saat ini, benda elektronik yang satu ini merupakan salah satu benda yang perkembangannya sangat pesat.

sejarah komputer

Dengan menggunakan benda ini, manusia lebih mudah dalam melakukan berbagai pekerjaan kantor bahkan kegiatan hiburan.

Ketika awal mula komputer tercipta, tentu tidak secanggih saat ini. Bahkan ada saat dimana komputer digunakan sebagai mesin hitung tradisional, hal ini muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil.

Hal tersebut sampai saat ini masih dianggap sebagai awal mula terciptanya komputer. Untuk lebih lengkapnya kita bahas asal mula perkembangan komputer yang ada di dunia saat ini, silahkan diikuti.

Asal Mula Perkembangan Komputer

Komputer Generasi Pertama

Seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse, pada tahun 1941 menciptakan sebuah konputer Z3 yang memiliki fungsi untuk mendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali.

di tahun 1943, tercipta sebuah komputer dengan nama Clossus yang memiliki fungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh pihak Jerman. Namun komputer yang diciptakan Colossus ini tidak mempengaruhi asal mula perkembangan komputer.

Kemudian seorang insinyur Harvard (Howard H. Aiken) yang melakukan kerjasama dengan IBM, hasilnya sebuah kalkulator elektronik yang memiliki ukuran panjang setengah lapangan bola kaki dengan rentang kabel 500 mil.

Selain itu, masa ini juga ada komputer ENIAC yang dibuat berkat kerjasama antara pemerintahan AS dan Universitas Pennsylvania. Kemudian pada periode ini akan ada komputer bernama UNIVAC.

Komputer Generasi Kedua

di tahun 1948, asal mula perkembangan komputer sangat dipengaruhi oleh pertemuan transistor. Alat ini mengantikan tube vakum pada barang elektronik yang membuat ukuran mesin lebih kecil secara drastis.

Selain iu ada juga pengembangan memori inti-magnetik, hal ini membangun perkembangan komputer generasi kedia agar lebih kecil, lebih bisa diandalkan dan tentnya lebih hemat. Teknologi ini dimanfaatkan pertama kali oleh mesin ‘supercomputer’.

Komputer Generasi Ketiga                     

Pada masa ini ditemukan batu kuarsa/quartz rock yang akan dijadikan bagian komputer untuk menghilangkan panas yang cukup besar oleh transistor.

Bahan ini dijadikan komoponen elektronik kompuuter, yang pada khirnya membuat ukuran komputer semakin mengecil. Selain itu, ada juga penggunaan sistem operas pada komputer saat ini.

Komputer Generasi Keempat

Pada masa ini dibuat chip intel, yang di dalamnya dapat memuat ratusan komponen.

Komputer Generasi Kelima

Jenis komputer yang bisa dibayangkan untuk jenis komputer generasi kelima adalah fiksi HAL9000, dari sebuah novel karya Arthur C. Clarke dengan judul 2001:Space Odyssey.

Komputer yang ada pada masa ini merupakan jenis komputer yang ada pada masa sekarang yang tentunya sudah sangat canggih lagi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017