Pokemon Go Mampu Mengatasi Depresi, Berikut Ulasan Lengkapnya

depresiPokemon Go Mampu Mengatasi Depresi – Selain menimbulkan berbagai pro dan kontra, ternyata Pokemon Go juga memberikan manfaat positif bagi orang yang memainkannya, salah satunya bagi kesehatan.

Game berbasis augmented-reality ini mampu mengatasi depresi dan kecemasan.

Karena game ini mengharuskan pemainnya menangkap Pokemon yang dapat berada dimana saja, maka Pokemon Go membuat pemainnya keluar ruangan, berinteraksi dengan orang sekitar dan lingkungannya.

Dengan berinterasi, seseorang dapat mengurangi rasa kesepian dan meningkatkan harga dirinya. Seseorang yang pada awalnya takut berbicara dengan orang lain menjadi terdorong berinteraksi saat bermain game ini.

Artikel Terkait : 7 Tempat terlarang untuk bermain Pokemon Go

Motivasi inilah yang baik bagi kesehatan mental para pemainnya.

Beberapa riset mengemukakan bahwa seseorang yang memainkan Pokemon Go mampu meningkatkan kesehatan mental dan fisik, terutama bagi seseorang yang menderita depresi dan kecemasan sosial.

Perlu diketahui bahwa masalah kesehatan mental seseorang sangatlah kompleks, dan terapi sekali pun tidak akan menjadi jaminan bagi seorang penderita depresi menjadi lebih baik.

Namun dengan hadirnya Pokemon Go, game ini bisa menjadi salah satu cara bagi para penderita kesehatan mental untuk menjadi lebih baik dan sehat kembali.

Banyak pemain Pokemon Go yang mengatakan bahwa mereka termotivasi untuk berlatih dan mampu membuat lingkungan yang  lebih baik dari sebelum-sebelumnya sehingga suasana hati mereka pun menjadi lebih baik setelah bermain game ini.

Dr. John Grohol, pendiri Psych Central, mengatakan bahwa Pokemon Go merupakan game yang unik dan memberikan manfaat dapat membantu kesehatan mental pemainnya.

Alasannya karena game ini memfasilitasi para pemainnya untuk berlatih dan menciptakan motivasi yang kuat untuk pergi ke dunia luar sehingga menjadi lebih aktif.

Pendapat Grohol juga didukung dengan riset yang dilakukan oleh Profesor Daniel Freeman dari Universitas Oxford. Ia menjelaskan bahwa ada studi klinis dari manfaat kesehatan mental yang didapatkan oleh para pemain Pokemon Go.

Dari berbagai macam pendapat dan riset, terbukti bahwa selain sebagai hiburan semata, Pokemon Go memiliki manfaat positif untuk mengatasi depresi dan kecemasan sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017 Frontier Theme