Pengertian dan Jenis Virtual RAM

RAMPengertian dan Jenis Virtual RAM – Berurusan dengan dunia komputer memang tidak lepas dari berbagai macam perangkat maupun istilah di dalamnya, salah satunya yaitu virtual RAM atau memori virtual.

Secara harfiah, memori virtual adalah suatu teknik pengaturan atau manajemen memori antara memori berbentuk fisik dengan memori logis.

Teknik tersebut divirsualisasi melalui berbagai bentuk yang membuat sebuah program dirancang seolah-olah virtual yang dapat mengatur dan mempermudah penggunaan RAM.

Memori virtual pada setiap komputer tergantung dari system operasi yang digunakan. Berikut ini penjlasan lebih detail seputar memori virtual pada Windows dan Linux, yaitu:

  1. Virtual RAM di Windows

Pada komputer Windows, total memori yang ada merupakan gabungan antara memori RAM dan virtual memori. Cara kerjanya adaah dengan membuat sebuah file khusus yang biasa disebut swapfile.

Virtual memori bisa digunakan ketika Windows kehabisan memori sehingga data terakhir yang diakses akan dipindahkan pada swapfile di hard disk dan akan terus berlangsung pada saat data yang baru diisi pada RAM.

Lalu jika swapfile diperlukan, data akan ditukar dengan data akhir yang digunakan dalam RAM sehingga sifat swapfile tersebut disebut sementara.

  1. Virtual RAM di Linux

Ada beberapa hal yang bisa didapatkan dengan menggunakan memori virtual untuk mamanejemen , diantaranya yaitu:

  • Pembagian memori RAM yang adil antara proses yang satu dengan lainnya.
  • Ruang alamat yang besar mencapai berkali-kali lipat dari memori fisiknya.
  • Perlindungan terhadap system dari program yang crash.
  • Pemakaian memori virtual secara bersama-sama.

Sebenarnya, memori virtual bisa diimplementasikan dengan dua buah cara. Yang pertama adalah dengan demand paging dan yang kedua adalah demand segmentation.

Demand paging merupakan suatu teknik yang didasari oleh konsep pemberian halaman-halaman pada sebuah proses.

Sedangkan untuk demand segmentation, yaitu teknik virtual secara kompleks yang menerapkan ukuran segmen yang bervariasi.

Masih banyak lagi penjelasan mengenai virtual memori yang bisa anda gali dan ketahui karena perkembangan ilmu komputer selalu cepat dan tanpa henti. Itulah sedikit penjelasan mengenai virtual RAM.

Baca Juga : Dampak Membuat Hidden Text Untuk SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *