Pengertian dan Beberapa Fungsi RAM Pada Komputer dan Smartphone

Pengertian dan Fungsi RAM – Jika anda pengguna Komputer maupun Smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan kata RAM.

Bahkan ketika menggunakannya atau akan membelinya pasti anda bertanaya berapa besaran RAM yang dimilikinya. Tapi sudah tahukan anda apa itu RAM?

Random Access Memory atau lebih sering akrab di sebut dengan RAM adalah sebuah perangkat yang terdapat pada komputer maupun smartphone untuk mengakses data secara cepat dan acak.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS pada Jaringan Komputer

Pada umumnya RAM digunakan untuk menyimpan data secara sementara sebelum di simpan pada CPU, seperti : ketika membuka sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan mengirimkan informasi yang disimpan oleh RAM, baru kemudian RAM tersebut mengirimkan informasi tersebut pada CPU dan CPU memproses informasi dari RAM tadi.

Hal ini terjadi sangat cepat bahkan terjadi beberapa detik saja, tapi tetap kembali kepada besaran ukuran RAM yang di pakai.

Banyak sekali fungsi dari sebuah RAM yang terpasang pada sebuah komputer dan smartphone, berikut ini beberapa fungsi dari RAM tersebut  :

  1. Penyimpan sementara

Salah satu fungsi dari RAM adalah menyimpan data secara sementara terhadapa program – program yang sedang di jalankan dalam komputer mauun smartphone. Seperti ketika menulis surat menggunakan Microsoft Word.

Tulisan tersebut akan tersimpan secara sementara agar program yang digunakan bisa berjalan lebih responsive dan cepat.

Karena data yang disimpan RAM hanya sementara, maka anda harus menyimpannya secara permanen guna menghindari kehilangan file karena listrik padam atau smartphone anda drop misalnya. Jika besar RAM yang dimiliki cukup besar, bisa sangat cepat pula penyimpanannya bahkan hanya beberapa detik saja.  

  1. Membaca data

Semua data tersimpan pada harddisk, tapi karena  file yang tersimpan banyak, maka di butuhkan waktu lama untuk menemukannya.

Maka dari itu diperlukan RAM untuk menyimpan data pencarian secara sementara dan pencari data secara acak sesuai dengan kata kunci yang di cari tadi secara cepat.

  1. Mempercepat kerja komputer dan smartphone

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin besar ukuran RAM maka semakin cepat pula pemrosesan informasi atau sebuah program yang di buka.

Dengan begitu, tidak ada lagi yang namanya lemot ketika anda menjalankan sebuah program atau aplikasi.  Beda lagi jika ukuran RAM yang di pasang kecil, maka bisa jadi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan proses penyimpanan data pada CPU seperti pada komputer.

  1. Membantu multitasking

Salah satu fungsi dari RAM adalah membantu komputer maupun smartphone untuk menggunakan beberapa aplikasi sekaligus atau biasa di sebut dengan multitasking.

Semakin besar ukuran RAM yang digunakan akan semakin lancar menggunakan Komputer dan smartphone anda tanpa adanya hang atau error.

  1. Menjadi salah satu spek pada sebuah Komputer dan Smartphone

Besaran RAM adalah menjadi salah satu alasan apakah komputer dan smartphone tersebut layak atau tidak di beli sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi bagi seseorang yang menggunakan komputer dan smartphone tersebut untuk gaming misalnya, maka mereka akan memilih RAM yang berukuran besar.

Maka dari itu, RAM juga berfungsi sebagai penentu spesifikasi dari sebuah komputer maupun smartphone.

Mengingat fungsi RAM yang sangat penting pada sebuah komputer dan smartphone, maka saya sarankan untuk memilih ukuran RAM yang sesuai dengan kebutuhan karena jika salah pilih dikhawatirkan akan mengganggu kinerja anda.

Bagi anda yang menggunakan komputer untuk kegiatan sehari – hari yang ringan seperti pekerjaan kantor, RAM 2 Gb saya rasa sudah cukup.

Tapi jika untuk kegiatan berat seperti Design dan Gaming, maka pilihlah RAM di atas 2 GB, walaupun 2 GB masih bisa untuk aktivitas tersebut, namun jangan bosan ketika sering menghadapi lemot misalnya.

Baca Juga : Sejarah Dan Asal Mula Perkembangan Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *