Pengertian dan beberapa Fugsi Web Browser

Pengertian dan beberapa Fugsi Web Browser – Sering kali kita menggunakan web browser untuk sekedar mencari informasi maupun berita di internet.

Tapi banyak juga yang tidak mengetahui bahwa mereka sedang menggunakan web browser untuk menjelajahi dunia internet. Lantas, sebenarnya web browser itu apa ?

Secara umum web browser memiliki pengertian sebuah software atau perangkat lunak  yang dipergunakan untuk mencari informasi pada situs yang berada di internet.

Aplikasi web browser ini bisa digunakan untuk mencari berbagai macam informasi, seperti gambar, text, video atau jenis file lainnya.

Bahkan web browser saat ini mampu untuk mengirim dan menerima E-Mail hingga mengelola HTML, sehingga halaman web yang ditampilkan lebih inofative.

Artikel Terkait :

Untuk menggunakan web browser, anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi web browser pada komputer maupun smartphone anda dan tak lupa jaringan internet juga harus ada tentunya.

Karena jika jaringan internet tidak ada, maka web – web broser tersebut tidak akan dapat dioperasikan dengan normal, tidak dapat juga digunakan untuk mencari informasi yang anda butuhkan dari internet. Berikut ini beberapa contoh web browser yang sering digunakan :

  • Google chrome , salah satu web browser yang di cangun oleh google ini memiliki tampilan yang minimalis dan loading program yang cepat, sehingga banyak pengguna internet yang menggunakannya.
  • Mozilla firefox, merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet sebelum kemunculan Google chrome. Program open source ini pengembangannya di serahkan kepada publik pecinta jaringan internet.
  • Safari, merupakan salah satu web browser yang digunakan oleh pengguna internet dan browser standart Apple.
  • Opera browser, merupakan salah satu browserr yang digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna di dunia ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1994 oleh Opera Software.
  • Internet explorer, merupakan salah satu browser yang bisa digunakan secara gratis dari Microsoft dan rilis pertama kalinya pada 16 Agustus 1995.

Mengingat pentingnya web browser untuk menjelajah dunia internet, maka anda harus tahu beberapa fungsi dari web browser, seperti :

  1. caching

web browser berfungsi sebagai pereduksi penggunaan bandwidth, mencegah terjadinya lag dan mengurangi kesibukan pada web browser yang caranya menyimpan data beserta intruksi yang sering di akses atau digunakan.

  1. Authentication

Fungsi ini adalah untuk melakukan validasi terhadap identitas yang dimiliki oleh user dengan tujuan apakah seorang user tersebut diperbolehkan masuk untuk mengakses jaringan. Salah satu contohnya adalah saat kita dituntut memasukkan username dan pasword.

  1. State maintenance

Sebuah mekanisme yang digunakan untuk memastikan kestabilan web browser untuk merespon maupun merequest.

  1. Requesting supporting data item

Sebauh mekanisme yang digunakan untuk meminta item pendukung yang di kinta oleh user.

  1. Taking action in responses to other & status code

Ketika mengunjungi sebuah halaman web, maka komputer akan meminta data dari server yang melalui HyperText Transfer Protocol (HTTP).

Walaupun hslsmsn belum di minta untuk ditampilkan dalam browser, header HTTP yang memiliki kode status akan dikirim oleh web server, karena kode status tersebut menyediakan informasi mengenai status permintaan.

  1. Rendering complex object

Akan memproses penangkapan semua yang ada di dalam halaman web beserta efek yang ada di dalamnya, sehingga halaman yang akan di tampilkan tersebut sempurna.

  1. Dealing with error condition

Akan menangani ketika error terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017