Panduan Lengkap Cara Optimasi Youtube

Cara Optimasi Youtube – Agar postingan video anda berada di halaman utama pencarian, maka sangat dibutuhkan optimasi youtube. Berikut ini panduan cara optimasi youtube :

Menentukan topik video yang akan di buat

Hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah menentukan topik video yang akan anda upload pada youtube.

Usahakan topik yang anda pilih sesuai dengan keahlian anda dan banyak dimintai oleh para pengguna youtube.

Anda bisa membuat video tutorial atau video lucu bahkan video yang paling  diminati atau ngetrend saat ini. Anda bisa juga melakukan riset menggunakan sebuah tool seperti http://www.youtube.com/trendsdashboard untuk mengetahui trend yang sedang terjadi pada beberapa negara yang nantinya menjadi target penayangan video anda.

Dengan begitu, anda semakin mudah menetukan topik apa yang akan anda buat, dan jangan sampai anda mengambil gambar, lagu maupun video orang lain, karena bisa – bisa akun anda akan terkena peringatan dari pihak youtube.

Riset keyword atau kata kunci untuk judul video

Riset keyword sangat diperlukan untuk menemukan kata kunci yang paling di cari oleh para pengunjung youtube, dengan cara ini memudahkan anda menentukan judul apa yang paling menarik para pengguna youtube.

Anda juga bisa menggunakan tool google trend di https://www.google.com/trends/explore denga mengisi :

  • Kata kunci yang ingin di cari
  • Pilih negara sebagi target penayangan
  • Pilih waktu trend, misalnya 12 bulan terakhir
  • Pilih kategori
  • Pilih jenis penelusuran

Maka akan muncul judul yang paling diminati, dan jadikanlah judul. Tapi ingat lagi ya, judul sesuaikan dengan kemampuan anda dan jangan pernah anda mengambil gambar, lagu maupun video yang memiliki hak cipta, karena bisa berefek buruk pada akun anda, seperti di nonaktifkan oleh youtube.

Membuat video

Setelah anda menemukan judul yang tepat, maka saatnya anda membuat video sesuai dengan judul. Pastikan video tersebut unik, menarik dan bisa bersaing dengan jutaan video lainnya.

Pada umumnya, video yang baik memiliki durasi sekitar 10 – 15 menitan. Ketika anda membuat video usahakan sesuai dengan kemampuan anda tapi tetap unik, apalagi semain unik video seseorang, maka semakin bagus juga posisi peringkatnya dan jumlah penonton.

Beri judul video sesuai dengan keyword

Jika sudah selesai pembuatan video, maka anda harus memberi judul video dengan keyword.

Upload

  • Video bisa di upload melalui http://www.youtube.com/account_monetization
  • Pada kanan atas klik upload
  • Akan muncul halaman baru dan klik pilih file untuk mengupload
  • Pilih file video yang ingin anda upload dan tunggu hingga proses upload video selesai, yaitu pada 100 %.
  • Masukkan judul dengan kata kunci yang anda temukan tadi
  • Masukkan diskripsi sesuai dengan video yang anda upload tapi tetap singkat dan informatif. Anda bisa memasukkan keyword juga namun lakukan sewajarnya saja, karena jika terlalu berlebihan malahan di anggap SPAM.
  • Masukkan tag sesuai isi video anda dan kata kunci. Ada satu hal yang menguntungkan jika anda menggunakan tag yang tepat dan sama dengan vidoe lain, maka video anda akan muncul di sidebar.
  • Tentukan gambar tumbnail yang sekiranya bisa menarik para penonton youtube untuk memutar video anda, apalagi jika seseorang ingin memutar vidoe di youtube pertama kali yang di lihat adalah gambarnya.
  • Lakukan advance setting untuk menentukan kategori video, tanggal terbit dan sebagainya. Setting sesuai dengan video yang anda buat.
  • Klik publikasikan.

Share video

Jangan lupa share video anda ke beberapa media sosial agar teman – teman anda atau pengguna youtube tahu akan video anda.

Baca Juga : Fakta Menarik Dari Sebuah Youtube yang Wajib Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017 Frontier Theme