Langkah-langkah Dan Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak – Anda pasti pernah merasakan flashdisk anda tiba-tiba tidak bisa menampilkan data yang tersimpan di dalamnya.

Ini bisa dikarenakan flashdisk anda rusak atau terkena virus. Jika sudah begini, maka data yang tersimpan di dalam flashdisk tersebut bisa hilang.

memperbaiki flashdist

Jangan khawatir, flashdisk yang rusak bukan berarti tidak dapat diperbaiki. Nah, berikut ini langkah-langkah dan cara memperbaiki flashdisk yang rusak.

  1. Pastikan bahwa bahwa flashdisk anda rusak. Caranya yaitu dengan mencoba di computer lain terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa yang rusak bukan USB drive computer anda.
  2. Setelah anda yakin bahwa flashdisk anda rusak, selanjutnya anda lakukan hal berikut :
  3. Colokkan flashdisk ke computer atau laptop anda
  4. Selanjutnya ketik shortcut di keyboard CTRL + R kemudian ketik di kolom perintah berikut compmgmt.msc lalu tekan Enter
  5. Setelah itu akan terbuka program compmgmt, jika sudah maka klik program tersebut.
  6. Pada menunya pilih storage yang terdapat tengah kemudian pilih Disk Management.
  7. Biasanya jika kerusakan tidak parah, maka flashdisk akan terdeteksi. Jika terdeteksi maka klik kanan lalu pilih menu Create Partition.
  8. Selanjutnya format flashdisk dengan melakukan klik kanan kemudian pilih Format.

Jika anda sudah melakukan dua hal di atas dan belum berhasil, maka anda bisa melakukan cara ketiga ini, yaitu dengan menggunakan aplikasi HDD Low Level Format tool. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi yaitu full dan free.

Adakalanya kerusakan flashdisk juga berasal dari computer anda yang tidak bisa mendeteksi flashdisk anda. Jika hal ini terjadi maka anda bisa mencolokkan flashdisk anda ke computer dan restart computer tersebut.

Jika sudah direstart namun flashdisk masih tidak terbaca, maka anda harus menguninstal usb drive computer anda. Caranya yaitu dengan klik My Computer – Control Panel – System.

Setelah sistem terbuka pada tab hardware klik devise manager yang bertanda kuning. Jika ada klik hardware tersebut dan klik uninstall lalu restart kembali computer anda.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki flashdisk yang rusak. Semoga bermanfaat..

Baca Juga : Sejarah Dan Asal Mula Perkembangan Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017 Frontier Theme