Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membangun Server

Teknosia.net – Mengingat server memiliki fungsi sangat penting pada sebuah jaringan komputer, maka ada baiknya jika mempertimbangkan beberapa hal ketika akan membangun sebauh server.

Karena jika salah memilih server bisa jadi menghambat kinerja anda dan karyawan.

Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan sebelum membangun server :

Perhatikan bisnis yang dijalankan

Pertama kali yang anda harus perhatikan adalah kenis bisnis apa yang sedang anda jalani dan harus menggunakan server tersebut.

Baca Juga : Sejarah Dan Asal Mula Perkembangan Komputer

Jika bisnis tersebut besar, maka pilihlah server yang juga memiliki spesifikasi tinggi, jika tidak terlalu besar maka juga sesuaikan.

Walaupun jenis bisnis di bilang sepele, tapi sangat menentukan jenis server yang seperti apa yang harus anda pilih.

Jumlah pengguna

Jumlah client yang menggunakan server tersebut banyak atau sedikit. Hal ini juga menentukan spesifikasi sebuah server yang akan digunakan nantinya.

Jika jumlah pengguna tidak terlalu banyak, maka server yang di pilih spesifikasinya biasa rasanya tidak masalah.

Skalabilitas

Sangat perlu sebauh server untuk mampu terus berkembang mengikuti arus teknologi yang semakin hari semakin maju.

Maka dari itu sangat diperlukan skema jaringan, pembagian sumber daya dan alokasi cadangan yang tepat guna perkembangan server yang sedang di bangun.

Titik penyebaran pengguna server

Lokasi pengguna server juga sangat mempengaruhi, karea jika hanya digunakan dalam satu lokasi saja, maka memakai satu server saja sudah cukup.

Tapi jika terletak pada beberapa titik, maka di perlukan sebuah server sekunder agar data yang disampaikan lancar dan pengiriman data dilakukan dengan menggunakan kabel fiber optic yang memiliki kecepatan tinggi misalnya.

Pemilihan hardware

Pemilihan hardware adalah salah satu hal yang sangat penting, karena hardware ini adalah kunci dari sebuah server. Semakin baik hardwae yang di pilih, maka semakin baik juga kinerja server yang anda buat tersebut. Tapi, hardware yang di pilih tetap harus sesuai dengan jenis usaha yang anda jalankan.

Software

Pilihlah software yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan usaha anda, memiliki kemampuan, kehandalan, keamanan dan jaminan yang baik.

Karena jika salah pilih software bisa – bisa mempengaruhi mempengaruhi kinerja server dan akhirnya pekerjaan  terganggu.

Harga yang terjangkau dan reasonable

Memilih server yang berkualitas, bagus memang penting, tapi perhatikan juga keuangan anda. Jangan karena kualitas baik dan harganya mahal tetap anda beli karena uang anda banyak.

Pikirkan kebutuhan lain yang belum terbeli. Jadi pilihlah server dengan harga terjangkau, kualitas baik dan sesuai dengan bisnis anda.

Mengadaptasi teknologi terbaru

Alangkah lebih baiknya jika anda membeli server yang telah mengadopsi tekonlogi terbaru, dengan begitu server yang anda pakai tersebut bisa bertahan lama dan menguntungkan finansial anda. Selain itu, dengan teknologi terbaru ini, maka kemampuan upgrade juga lebih terjamin dan prosesnya mudah.

Kompatibel dengan software terbaru

Pastikan juga bahwa server yang akan anda beli kompatible dengan software – software terbaru. Hal ini akan memudahkan anda di masa yang akan datang.

Mudah upgrade

Sebaiknya anda perhatikan mudah tidaknya server anda tersebut untuk di upgrade (Scale-up) ketika nantinya ada software – software terbaru sehingga server yang anda gunakan lebih optimal.

Perhatikan garansi

Biasanya beberapa vendor  memberikan garansi terintregasi selama 1 atau 2 tahun atau lebih terhadap server yang anda beli.

Baca Juga : Tips Dan Cara Mengatasi Komputer Hang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017