Cara mudah menghidupkan dan mengunci Android tanpa tombol power

Teknosia.net – Smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang saat ini. Karena Smartphone mampu mendukung setiap kegiatan yang kita lakukan setiap hari.

Itulah kenapa smartphone selalu ada pada setiap kegiatan yang kita lakukan. Tapi bagaimana jika tombol power on/off pada smartphone rusak?

Apakah smartphone jadi tidak bisa digunakan lagi?

Baca Juga : Daftar Aplikasi Terbaik Untuk TV Streaming Pada Android

Tidak bisa dipungkiri bahwa tombol power on/off adalah tombol yang paling sering digunakan. Ini karena tombol ini bertugas untuk mematikan smartphone, mengunci, dan menghidupkannya kembali. Jadi tidak heran jika tombol ini adalah tombol yang paling rentan untuk rusak.

Tapi kini tidak perlu khawatir lagi. Terlebih jika kita menggunakan smartphone tipe OS Android. Karena perkembangan teknologi semakin maju, tombol power on/off inipun jadi semakin jarang digunakan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Double Tap To Wake and Double Tap To Sleep pada menu setting atau pengaturan.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kita hanya perlu mengetuk cepat layar smartphone dua kali untuk menghidupkan dan mengunci. Hanya saja sayangnya, fitur ini baru tersedia pada smartphone keluaran terbaru atau tipe tertentu saja.

Tapi walaupun begitu, bukan berarti smartphone yang tidak memiliki fitur Double Tap To Wake and Double Tap To Sleep harus selalu menggunakan tombol power on/off untuk memakai smartphone.

Karena kini juga sudah banyak aplikasi yang dikembangkan untuk itu. Apa saja aplikasi- aplikasi itu, berikut daftarnya:

Menggunakan tombol Volume

Untuk yang pertama, kita menggunakan tombol volume untuk mengaktifkan ataupun mematikan dan mengunci layar smartphone.

Sederhananya, tombol power on/off dialihkan kepada tombol volume. Sehingga jika smartphone sedang dalam keadaan mati, kita hanya perlu menekan salah satu tombol volume untuk menghidupkannya. Sedangkan untuk mematikan atau menguncinya, kita bisa gunakan shortcut menu pilihan di notification bar.

Untuk dapat menghidupkan/ mengunci smartphone dengan cara ini, kita memerlukan aplikasi yang bisa kita download di Playstore. Dua diantaranya yaitu Power Button to Volume Button atau Volume Unlock.

Proximity

Cara ini kita menggunakan sistem proximity untuk menggantikan peran tombol power on/off. Sederhananya, sistem proximity adalah sensor yang biasanya terdapat pada sekitar area speaker.

Sensor inilah yang biasanya mematikan layar smartphone kita ketika kita hendak menelpon karena pipi kita menyentuh layar.

Untuk menggunakan cara ini, kita memerlukan aplikasi yang bernama Proximity Actions. Dengan aplikasi ini kita hanya perlu menyentuh area proximity untuk menghidupkan layar smartphone.

Jika beberapa waktu setelah disentuh smartphone bergetar, itu tandanya kita harus mengangkat jari kita dari samrtphone dan layar smartphone akan aktif beberapa waktu kemudian.

Shake to Unlock

Ini juga termasuk aplikasi yang banyak digunakan untuk menggantikan peran tombol power on/off. Dengan aplikasi ini kita hanya perlu menggoyangkan beberapa kali smartphone sebelum akhirnya nanti smartphone menyala.

Itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghidupkan, mematikan atau mengunci smartphone tanpa menggunakan tombol power on/off.

Atau jika kalian memiliki cara mudah lainnya, mari kita berbagi di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mudah Mendengarkan Musik Dari Youtube di Background Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017