Cara mengetahui ponsel yang sedang di sadap

penyadapan-ponselCara mengetahui ponsel yang sedang di sadapTeknosia.net – Salah satu komponen penting yang mendukung manusia dalam menjalani kehidupan sosialnya adalah komunikasi.

Komunikasi adalah hal yang mampu memudahkan segala urusan kita. Karena dengan komunikasi kita dapat saling mengerti dan memahami.

Itulah kenapa alat komunikasi seperti ponsel ataupun email dan yang lainnya selalu dikembangkan demi memudahkan proses komunikasi itu sendiri.

Tapi bagaimana jika alat komunikasi kita disadap? Bagaimana jika rahasia yang kita bicarakan melalui ponsel di ketahui oleh orang lain selain orang yang kita percaya?

Penyadapan alat komunikasi merupakan sebuah ketakutan tersendiri bagi beberapa orang yang tidak ingin rahasianya diketahui oleh orang banyak. Itulah kenapa kini banyak inovasi alat- alat ataupun aplikasi  smartphone diciptakan untuk mengatasi permasalahan ini.

Tapi tahukah kalian bahwa sejatinya alat komunikasi kita, semisal ponsel, selalu disadap walaupun kita sudah menggunakan aplikasi? Inilah fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Baca Juga :

Untuk dapat berkomunikasi menggunakan ponsel, sudah dapat dipastikan kita akan menyewa sebuah provider komunikasi melalui pembelian kartu sim.

Provider itulah yang merekam setiap aktifitas pembicaraan ataupun pesan yang kita kirimkan kepada orang lain. Dan walaupun seperti itu, perekaman data ini termasuk salah satu pelayanan yang sudah menjadi standart bagi perusahaan jasa komunikasi.

Namun yang jadi permasalahan adalah bagaimana jika yang menyadap ponsel kita diluar dari provider itu? Bagaimana cara mengetahui penyadapan yang illegal?

Sebenarnya tidak cukup sulit untuk mengetahui bahwa ponsel yang kita gunakan sedang disadap secara illegal oleh pihak yang tidak kita kenal. Dan berikut kami berikan ulasan tentang tata cara mengetahui bahwa ponsel kita sedang disadap.

Rumah dimasuki orang

Mungkin kita tidak terlalu kaget mendengar berita rumah yang kemalingan saat ditinggal bepergian penghuninya. Namun kita akan sanagt terkejut saat mengetahui bahwa tidak ada barang apapun yang dicuri atau hilang.

Apa yang sebenarnya dicari orang itu didalam rumah?

Dari kejadian ini kita harus mulai curiga bahwa tidak mungkin ada orang masuk tanpa izin kedalam rumah kita tanpa maksud.

Karena walaupun dia tidak mengambil barang apapun dari rumah kita malah bisa jadi dia menaruh sesuatu dirumah kita pada tempat yang tersembunyi yang bisa saja merupakan alat sadap yang akan merekam setiap aktifitas kita didalam rumah dan merekam pembicaraan rahasia kita.

Rahasia kita diketahui orang lain

Ini adalah salah satu cara agar kita mengetahui bahwa alat komunikasi kita sedang disadap. Kita patut curiga jika ada orang lain yang secara tiba- tiba mengetahui pembicaraan yang hanya kita lakukan melalui #ponsel. Bisa saja itu terjadi karena ponsel kita disadap.

Tanda pada ponsel

Terdapat beberapa tanda yang bisa langsung kita kenali sebagai tanda bahwa ponsel kita sedang disadap. Seperti misalnya baterai ponsel yang lebih cepat habis disaat ponsel sedang dalam mode standby.

Untuk itu, catat berapa kali kita mengcharge ponsel dalam sehari. Selain baterai yang cepat habis, ponsel yang sedang disadap juga sering kali bersuhu panas walaupun sedang mode standby.

Habisnya baterai serta panasnya suhu ponsel menandakan ponsel selalu bekerja walaupun sedang dalam mode standby.

Bagaimana dia bisa bekerja walaupun sedang dalam mode standby? Tentu saja karena ada pihak yang mengoperasikannya. Dengan kata lain ponsel kita sedang disadap.

Selain itu, penyadapan ponsel juga bisa ketahui ketika kita sedang menggunakan ponsel. Seperti misalnya ponsel beroperasi sendiri diluar operasi yang kita perintahkan, ponsel tiba- tiba mendownload secara otomatis atau terpasang aplikasi yang tidak kita kehendaki, atau mungkin saja kita tiba- tiba kita mendapatkan pesan sms yang isinya tidak kita mengerti dan pengirimnya tidak kita kenal. Pesan SMS seperti ini biasanya terjadi hanya ketika ponsel kita sedang disadap.

Suara

Ini cara mudah lainnya yang membuat kita bisa tahu kalau #ponsel kita sedang disadap. Perhatikan suara lawan bicara kita lewat ponsel.

Apakah suaranya normal atau ada gangguan- gangguan suara sehingga suara lawan bicara kita tertutupi? Ponsel yang disadap, biasanya, mengeluarkan suara- suara yang sangat mengganggu yang seperti mengesankan lawan bicara kita sedang berada didalam gua karena suaranya bergema.

Selain bergema, biasanya suara yang sering muncul adalah suara seperti ‘bipp’, ‘klik!’, atau suara lainnya yang bersifat statis.

Jika memang kita tidak yakin dengan tanda-tanda itu, meneleponlah didekat benda- benda elektronik disekitar kita seperti tv atau radio. Hal ini karena tv atau radio juga mengeluarkan statis yang mampu memberikan pengaruh kepada suara statis pada ponsel kita.

Suara aneh ternyata tidak hanya terjadi ketika kita menelepon. Karena suara aneh seperi ‘biipp’ atau ‘Klikk!’ juga bisa terjadi ketika ponsel sedang dalam keadaan standby.

Kita patut curiga kenapa ketika ponsel yang sedang tidak kita gunakan justeru mengeluarkan suara seperti ada panggilan terputus? Hanya satu kemungkinan kenapa itu bisa terjadi. Ponsel kita sedang di sadap.

Pulsa

Jika memang kita menggunakan layanan pasca bayar, cek pulsa ponsel kita. Jika memang pulsa cepat habis tanpa kita gunakan, kita harus curiga bahwa ada aktifitas penyadapan pada ponsel kita. Sama halnya dengan saat kita menggunakan layanan pra bayar.

Lihat dengan seksama jumlah tagihan kita yang apakah sama dengan bulan sebelumnya atau justeru jauh berbeda. Jika berbeda tapi kita tidak merasa ‘melakukan apa- apa’, kita harus curiga terhadap aktifitas penyadapan ponsel ini.

Aktifitas aneh disekitar rumah

Kita harus jeli untuk mengetahui hal ini. Apakah ada aktifitas aneh disekitar lingkungan kita tinggal? Katakanlah seperti sering muncul mobil yang belum pernah kita lihat disekitar rumah kita atau tiba- tiba ada petugas dari suatu perusahaan yang datang tanpa kita hubungi.

Biasanya petugas yang datang ini adalah petugas yang ingin masuk kedalam rumah atau melakukan aktifitas di sekitar rumah kita yang mungkin tanpa kita sadari akan menaruh alat penyadap ponsel disekitar rumah kita.

Lalu bagaimana menyikapinya? Jika memang terdapat petugas yang tiba- tiba datang, mintalah dokumen resmi atau nomer telepon resmi perusahaan yang mengutus petugas itu. Tapi jangan langsung percaya dengan nomer telepon yang diberikan olehnya.

Carilah nomer lain sebagai alternative jika memang kita meragukan petugas itu dan jangan pernah kita membiarkan petugas itu lepas dari pengawasan kita selama berada di area rumah.

Seperti yang sudah disinggung diawal, biasanya, ponsel yang kita gunakan selalu disadap oleh pihak provider demi peningkatan pelayanan kinerja jasa mereka kepada para konsumennya.

Namun jika memang tanda- tanda diatas yang kita temui dan menandakan penyadapan secara illegal, segeralah hubungi costumers service provider yang kita gunakan atau kalau perlu kita menghadap ke pihak kepolisian karena penyadapan termasuk tindakan pelanggaran UU ITE.

Demikian tata cara mengetahui ponsel yang sedang disadap. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017 Frontier Theme