Cara membersihkan layar laptop, TV LCD, dan layar tablet

membersihkan-lsdCara membersihkan layar laptop, TV LCD, dan layar tablet – Banyak orang yang bertanya- tanya cara membersihkan layar laptop, TV LCD, dan juga layar tablet.

Hal tersebut karena layar pada benda- benda tersebut merupakan salah satu benda sensitif yang tidak bisa dibersihkan atau bersentuhan dengan barang- barang sembarangan.

Jika sedikit saja bersentuhan dengan barang yang tidak sesuai sudah pasti akan mengganggu kinerja dari layar- layar tersebut atau bahkan akan sangat mungkin terjadi kerusakan.

Namun ketakutan- ketakutan dalam membersihkan layar- layar tersebut akan segera teratasi karena kini sudah terdapat beberapa cara mudah untuk membersihkannya. Dan cara- cara tersebut adalah:

Membaca manual book barang yang akan dibersihkan

Manual book atau buku panduan adalah salah satu hal utama yang harus kita pahami ketika kita ingin membersihkan peralatan kita.

Karena dari manual book itulah kita akan mengenal lebih jauh komponen- komponen, kegunaannya, serta cara membersihkannya.

Membaca manual book membuat kita menjadi semakin yakin bahwa kita akan melakukan hal yang benar. Selain itu, jika ternyata peralatan yang kita bersihkan ternyata mengalami kerusakan padahal sudah mengikuti buku panduan, mungkin kita bisa mengajukan garansi.

Memutuskan aliran listrik

Aliran listrik adalah hal utama lain yang harus kita perhatikan jika kita ingin membersihkan layar peralatan elektronik kita.

Karena jika aliran listrik masih mengalir, akan sangat besar kemungkinannya aliran listrik tersebut akan mengganggu kerja kita saat membersihkan dan peralatan juga akan dengan mudah untuk rusak karena korsleting listrik akan semakin besar kemungkinannya untuk terjadi.

Gunakan kain Mikrofiber

Seperti dijelaskan diawal, layar laptop, layar TV LCD, dan juga layar tablet termasuk benda- benda yang sangat sensitif sehingga diperlukan peralatan khusus untuk dapat membersihkannya. Seperti misalnya penggunaan kain mikrofiber.

Kelebihan dari kain Mikrofiber adalah teksturnya yang lembut tidak seperti kain- kain jenis lain ataupun tissue. Itulah kenapa kain microfiber sangat disarankan untuk membersihkan layar laptop, layar TV LCD, ataupun layar tablet kesayangan anda.

Gunakan air non mineral

Bahan lain yang harus dipersiapkan untuk membersihkan layar adalah air non mineral yang banyak tersedia di supermarket.

Jangan pernah menggunakan cairan pembersih kaca yang mengandung zat kimiawi seperti alkohol ataupun amonia karena mampu merusak layar.

Cara pemakaiannya harus memperhatikan beberapa hal, seperti jangan pernah membasahi secara langsung layar dengan air.

Cukup membasahi kain mikrofiber yang digunakan untuk membersihkan layar. Cara membasahi kain mikrofiber inipun kita harus perhatikan tingkat kebasahan dari kain. Jangan sampai kain meneteskan air karena terlalu basah. Kain hanya cukup sekedar basah untuk bisa digunakan untuk membersihkan layar.

Namun kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa layar yang kita bersihkan sudah terlebih dahulu bebas dari debu ataupun sarang serangga yang biasa menempel.

Gunakan Cattonbath

Untuk menjangkau tempat- tempat yang sempit dan tidak bisa terjangkau oleh kain mikrofiber, kita bisa menggunakan cattonbath untuk menjangkaunya.

Cukup basahkan cattonbath dengan air non mineral (jangan terlalu basah) untuk selanjutnya digunakan untuk membersihkan.

Yang perlu diperhatikan jika kia menggunakan cattonbath adalah tingkat tekanan kita. Jangan sampai terlalu menekan komponen- komponen yang tidak terlalu kita kenal, karena mungkin itu termasuk komponen yang sensitif dan mudah rusak.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan layar laptop, tv LCD, dan juga layar tablet kesayangan kita dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Bagaimana Cara Scan Dokumen Menggunakan Smarthphone Android ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *