Bidang-Bidang Dalam Pembuatan Website

Bidang-Bidang Dalam Pembuatan Website – Saat ini, istilah website sudah tidaklah asing lagi bagi kita semua. Karena sudah banyaknya orang baik perorangan atau lembaga yang membuat website untuk keperluan yang berbeda-beda.

Salah satu fungsi website adalah sebagai media informasi kepada pengguna internet seperti menginformasikan tentang ilmu pengetahuan, berita-berita terbaru, hingga sarana penjualan suatu produk untuk memberikan informasi produk dengan keterangan dan gambaran agar memudahkan konsumen.

Ketika kita melihat tampilan sebuah website dan memiliki keinginan untuk membuat atau memiliki sebuah website untuk keperluan tertentu, kita wajib memiliki pengetahuan gambaran secara keseluruhan tentang website yang akan dibuat.

Baca Juga : Pengertian dan beberapa Fugsi Web Browser

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan atau memahami apa saja yang wajib kita persiapkan dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar website tersebut selesai, sehingga dapat kita gunakan baik untuk kebutuhan aktualitas diri sendiri atau dijadikan mesin pencari uang.

Sebagai catatan, web desain adalah pengetahuan secara menyeluruh dalam pembuatan suatu langkah dan produksi website dengan tahapan-tahapan tertentu termasuk teknik pembangunan web, desain, struktur informasi, dan cara-cara penyampaian informasi pada jaringan-jaringan internet.

Jika website yang akan kita inginkan adalah website sederhana atau standar seperti untuk kebutuhan blog pribadi atau toko online yang menjual satu hingga beberapa produk saja, kita dapat membuat sendiri website tersebut atau menggunakan jasa untuk dibuatkan oleh orang-orang yang sudah mahir.

Sedangkan jika kita menginginkan website dengan konten yang sangat lengkap, kita bisa menggunakan jasa beberapa orang yang bergabung menjadi satu tim atau lebih dikenal dengan sebutan web developer.

Untuk membangun sebuah website besar dengan konten yang sangat lengkap, harus dilakukan atau dikerjakan oleh beberapa orang dengan kemampuan bidang khusus dan harus dikerjakan oleh masing-masing orang tersebut (sesuai dengan kemampuan orang tersebut).

Agar masing-masing orang tersebut lebih fokus dalam mengerjakan bidangnya dan ketika semua komponen-komponen tersebut sudah diselesaikan, pada akhirnya akan diintegrasikan atau disatukan secara menyeluruh untuk dijadikan menjadi sebuah website yang besar

Bidang-Bidang Dalam Pembuatan Website

Berikut beberapa bidang-bidang yang berhubungan dengan pembuatan website antara lain sebagai berikut;

  • Web Desainer; Tugas seorang web desainer adalah menyusun sebuah website agar nyaman ketika diakses termasuk item-item yang dibutuhkan dan menyusun letak tampilan website agar menarik, sehingga pengunjung akan nyaman saat berkunjung ke website tersebut.
  • Web Programmer; Tugas seorang web programmer adalah menyusun website dari segi teknik interaksi seperti yang bersangkutan dengan data base, input output data, hingga mengelola proses transaksi dan hal-hal teknis lainnya.
  • Web Administrator; Tugas seorang web administrator adalah memasang sistem operasi pada server, proses install yang berhubungan dengan jaringan hingga keamanan pada website, dan bertanggung jawab atas troubleshooting pada website.
  • Web Master; Tugas seorang web master adalah memelihara website, agar dapat beroperasi dengan baik dan tanpa terjadinya kendala yang dapat menggangu kenyamanan pengunjung.

Keempat bidang tersebut akan disatukan, sehingga menghasilkan kinerja website yang baik dan terintegrasi. Seorang web desainer juga wajib beberapa hal yang menyangkut imajinasi, unsur seni, penempatan yang tepat, dan sketsa website yang unik agar website terlehat lebih nyata.

Selain itu seorang web desainer juga harus menguasai beberapa aplikasi perancang website seperti Ms Front page, Macromedia Dreamweaver, Page Maker, dan aplikasi-aplikasi perancang website lainnya.

Baca Juga : Cara Terbaik Mempercepat Loading Website Tanpa Melakukan Perpindahan Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *