Amankah Data-data Anda Ketika Bermain Game Online?

Teknosia.net – Bermain game online memang telah menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan saat ini untuk menghabiskan waktu luang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang memiliki akun game online yang sering digunakan setiap harinya. Tidak hanya itu saja, banyak pula yang menggunakan fasilitas keuangan untuk membayar item-item dalam game oline. Pertanyaan yang harus dipastikan adalah, apakah anda yakin data anda aman ketika anda bermain game online?

Memang, keamanan para pemain seharusnya menjadi perhatian utama dari berbagai developer game. M88 Indonesia misalnya, sebagai salah satu provider game online terbesar di Asia Tenggara, telah melakukan langkah-langkah positif demi menjaga keamanan data para pemain. Situs game ini juga telah menggunakan enkripsi data 128-bit SSL yang menjamin bahwa data yang dikirim dan diterima tidak akan bisa dibaca oleh siapapun kecuali server game mereka dan pemain itu sendiri.

Jika anda khawatir tentang aman atau tidaknya data anda, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum memulai bermain game online:

1). Pastikan bahwa perangkat anda bersih dari malware.

Tidak peduli jenis perangkat yang anda gunakan ketika bermain game online, mulai dari smartphone ataupun PC, anda harus bisa memastikan bahwa perangkat anda tidak memiliki malware yang membahayakan. Biasanya, malware tersebut akan mengirim data ke pihak lain tanpa sepengetahuan anda. Untuk memastikan hal ini, anda bisa menginstall anti malware terpercaya, atau menghindari menginstall aplikasi-aplikasi dari sumber-sumber yang tidak resmi.

2). Gunakan password yang rumit untuk akun game online anda.

Pada umumnya, game online akan meminta anda untuk membuat akun disertai dengan password untuk mengamankan akun anda. Walaupun terkesan sepele, kerumitan password anda bisa menjadi pengaman yang paling baik untuk menghindari pencurian data. Selalu gunakan password yang rumit namun masih mudah untuk anda ingat demi keamanan data anda.

3). Bermain game online dari situs yang aman.

Setiap situs game online biasanya telah dilengkapi dengan sistem keamanan tertentu yang bisa dideteksi oleh browser perangkat anda. Untuk memastikan hal ini, anda bisa dengan mudah melihat URL bar anda di browser. Untuk situs-situs aman, pada sebelah kiri dari alamar situs tersebut akan tertulis Secure yang merupakan tanda bahwa data yang anda kirim dan terima tidak akan bisa dibaca oleh pihak lain. Hindari memasukkan data pribadi pada situs-situs yang tidak menggunakan sistem keamanan seperti ini.

4). Hindari memasukkan data keuangan terlalu sering.

Kebanyakan kasus pencurian data di game online adalah pencurian data keuangan, terutama nomor dan kode pengaman kartu kredit. Untuk menghindari hal ini, anda bisa menghindari memasukkan data keuangan pada situs-situs yang tidak terpercaya. Selain itu, anda juga bisa memilih untuk menggunakan jasa keuangan pihak ketika, seperti Paypal untuk menghindari pencurian data kartu kredit anda.

Baca Juga : Berapasih Penghasilan Pokemon Go dalam 1 Hari, Simak Ulasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017