7 Tips Sederhana Meningkatkan Pengunjung Blog

meningkatkan-pengunjung-blogCara Meningkatkan Pengunjung Blog – Blog bukanlah sesuatu yang baru dikenal akhir- akhir ini. Karena sudah hampir semua orang yang mengenal dunia internet serta jejaring sosial menggunakannya.

Bahkan sudah banyak pula yang memiliki penghasilan tetap dari blog mereka yang jumlahnya tidak sedikit.

Caranya pun mudah, cukup mendatangkan banyak pengunjung ke blog.

Dan sudah banyak pula blog yang membahas tentang ini. Tapi apakah ada cara yang lebih sederhana dari itu?

Blog sudah seperti toko. Sedangkan konten yang ada didalamnya adalah produk- produk yang kita tawarkan kepada calon konsumen kita. Hanya saja, agar produk- produk yang kita tawarkan ada yang membeli, kita harus melakukan berbagai promosi pengenalan diri agar banyak yang mengenal dan datang ke toko kita.

Sebenarnya ada banyak cara agar blog kita kedatangan banyak pengunjung atau trafik. Namun ternyata banyak pula cara- cara itu yang sudah tidak ampuh lagi untuk di terapkan hari ini. Untuk itulah, berikut beberapa tips sederhana meningkatkan pengunjung blog:

Postingan harus berkualitas

Jika kita ingin membuat post, lebih baik post tersebut adalah sesuatu yang sudah kita kenal dengan baik. Seperti misal, jika kita seorang pelajar sekolah, kita bisa membuat postingan ‘Agar pelajaran sekolah cepat diserap’ atau ‘Cara agar tidak dipalak preman sekolah’. Hal ini karena kita bisa menjelaskan kepada pembaca dengan detail yang sebenarnya dan tidak dibuat- buat.

Selain itu, postingan juga harus memuat data- data yang lengkap. Jika memang kita membahas sesuatu yang bersifat spesifik, kita harus sediakan grafik data spesifik tersebut didalam post kita.

Karena itu menandakan kita benar- benar serius mendalami masalah itu. Sebagai pelengkap, gambar yang sesuai dengan post juga harus kita sediakan.

Bisa gambar yang kita buat sendiri atau gambar yang kita ambil dari situs- situs penyedia gambar gratis di internet.

Judul yang spesifik

Postingan yang berkualitas tidak akan mendapatkan perhatian dari banyak orang jika judulnya tidak mewakili isi postingan.

Karena yang dilihat pertama kali oleh pembaca sudah pasti adalah judul. Jadi yang harus kita lakukan adalah buat judul yang bersifat spesifik dan mewakili isi dari post yang kita buat.

Seperti misal, judul tulisan ‘Cara membuat mie instan’ pasti akan kalah menarik dengan judul ‘Cara cepat membuat mie instan buat kamu yang sibuk’, atau judul- judul spesifik lainnya.

Selain itu, ada baiknya juga kita melakukan analisa sebelum membuat judul. Seperti mencarinya di Google Keyword Planner.

Disana kita bisa mengetahui kata kunci apa yang paling banyak di cari orang di internet. Semakin banyak dicari, semakin besar pula kemungkinan postingan kita akan dibaca.

Manfaatkan media sosial

Kita bisa menggunakan media sosial apapun untuk menginformasikan postingan yang sudah kita buat. Bisa facebook, twitter, pinterest, Google +atau apapun. (Baca Juga : Cara menshare postingan blog ke Google+ dalam 5 menit)

Hanya saja yang harus diperhatikan, kita tidak bisa langsung membabi buta menshare di media sosial. Karena itu akan di anggap spam atau sampah.

Caranya mudah, jika kita menggunakan facebook, kita bisa coba bergabung didalam grup facebook yang membahas hal yang sama dengan tema yang kita bahas di blog.

Dan yang harus pertama kali kita lakukan adalah menjadi anggota aktif. Jika ada yang bertanya tentang sesuatu, kita harus menjawabnya.

Atau jika ada yang meminta saran, kita memberikannya saran. Intinya, kita harus dikenal sebagai anggota yang aktif terlebih dahulu hingga akhirnya kita dikenal.

Setelah dikenal, barulah kita bisa memposting artikel yang kita buat di grup tersebut yang sudah dapat dipastikan akan mendapatkan perhatian yang banyak dari anggota aktif yang lain.

Interaksi dengan pengunjung

Katakanlah, sudah ada yang mengunjungi blog kita dan mereka menuliskan sesuatu di kolom komentar. Tanggapi dengan segera komentar itu dengan komentar yang sesuai.

Karena orang yang berkomentar di postingan kita adalah orang yang sudah memberikan perhatian kepada apa yang sudah kita buat dan kita pun harus menghargai perhatian itu.

Berinteraksi dengan pengunjung dapat membuat kita mudah dikenal hingga terjalin hubungan emosional antara kita dengan mereka. Mereka yang sudah kenal dengan kita bisa menjadi pelanggan loyal  blog kita dan akan datang lebih sering dari pada pengunjung lainnya. Pertahankan mereka.

Berteman dengan Blogger lain

Cara ini bisa kita lakukan dengan berkunjung ke blog yang sesuai dengan tema yang kita bahas di blog dan memberikan komentar yang sesuai pada postingan di blog itu. Selain itu, kita juga bisa mengikuti mereka di media sosial yang mereka punya semisal di twitter ataupun di facebook.

Karena dengan begitu kita bisa dekat dengan mereka. Retweet atau like postingan yang mereka buat agar mereka bisa semakin dekat dengan kita. Bahkan kalau kita sudah dekat dengan mereka, kita bisa dengan mudah meminta saran kepada mereka caranya meningkatkan trafik blog ‘ala’ mereka.

Kumpulan artikel

Poin ini adalah salah satu senjata para blogger untuk mendapatkan trafik. Mereka membuat postingan tentang kumpulan- kumpulan atau tips dan trik sederhana kepada para pembacanya. Tips dan trik ini bisa didapatkan dari banyak sumber yang kemudian kita olah lagi.

Email list

Tidak hanya di lakukan oleh para blogger, email list juga banyak di terapkan oleh mereka yang bergerak dalam bidang marketing.

Hal ini dikarenakan email mampu memberikan pemberitahuan secara pribadi kepada seseorang jika kita sudah membuat postingan yang baru dan kemungkinan dia untuk datang lagi ke blog sangat besar.

Bahkan prosentase kehadiran trafik lewat email list lebih banyak dibandingkan dengan search engine ataupun media sosial.

Itulah tujuh cara tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog. Seperti sudah disinggung diatas, sebenarnya sangat banyak cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog.

Dan tujuh cara diatas adalah cara yang sangat sederhana yang bisa kita terapkan kapanpun. Atau jika kalian memiliki cara sederhana lain untuk dapat meningkatkan pengunjung blog, mari kita berbagi pada kolom komentar dibawah ini.  Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Apa saja yang harus dilakukan bila ingin menjadi blogger sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Teknologi Terbaru © 2017